Menjadikan UMKM Hebat dan Kuat dengan BRI Bagi INDONESIA


Mengingat Kembali pada beberapa tahun lalu, setelah era pendemi kita di tuntut untuk bangkit dan berkarya jauh lebih keras dari sebelumnya karena masa pendemi sangatlah membuat kita berjuang lebih bersaing pada keadaan dengan adanya niat dan menjadi diri lebih produktif banyak cara yang di lakukan oleh penggiat dan pelaku UMKM termasuk yang bekerja pun terdorong menjadi pelaku usaha Mikro dan Pelaku UMKM yang berinovasi dari Rumah dan berharap menambah penghasilan untuk Bangkit dan Kembali Bersinergi dalam kehidupan yang Lumayan Menguras tabungan di beberapa tahun lalu setelah adanya pendemi Kemarin.

Dengan Adanya pendemi kembali kita tidak bisa lepas dari peran sebuah gadget baik dari segi ekonomi, sosial ataupun Dunia pendidikan dengan gadget dunia kita dalam satu genggaman karena efektivitas kehidupan tergantung pada gadget kala itu di sebabkan meminimalisir Intensitas bertemu dan Komunikasi secara face to face, banyak UMKM yang gulung tikar dan UMKM yang stagnan jika tidak mampu memasarkan perekonomian dan perdagangannya melalui Platform - Platform E-Commerce terbaik di kaca mereka, Mereka Berbagai cara di lakukan Dengan Sistem Pre Order, COD (Cash on Delivery ) atau Metode Lainnya. 

Ketika Kita kehabisan Modal dan kekurangan untuk Modal bagi Pelaku usaha banyak yang menawarkan bantuan Modal untuk sektor pembiayaan perdgangan, pembiayaan pendididikan dan pembiayaan pemberdayaan bagi masyarakat agar semakin berkembang dan memiliki kapasitas lebih dari sebelumnya agar mampu berdikari pahlawan nyata bagi masyarakat di antaranya adalah Bank Rakyat Indonesia ( BRI) dengan tujuan memajukan dan menjadikan Perekonomian kembali pulih bagi pelaku UMKM di Indonesia dan bagi pelaku Usaha Mikro sangatlah membantu dan BRI sangat Berbaik hati dengan banyak kemudahan yang di tawarkan dan dengan suku Bunga yang masih terjangkau bagi Masyarakat menengah dan semua kalangan. 

Ada Kredit usaha Rakyat yang di kenal dengan KUR BRI. KUR merupakan program kredit yang diperuntukkan bagi UMKM. BRI telah menyalurkan KUR hingga Rp 119,2 triliun per Agustus 2023 kemarin. Kemudahan dan pencairan yang tidak Ribet mnejadikan masyrakat dan pelaku UMKM terbantu dengan adanya KUR ini. 

Image By Wikipedia.com

Syarat Pengajuan KUR BRI sebagai Berikut 
Lihat Detail di VIDEO KUR BRI

1.Jenis Pinjaman KUR BRI 2023 KUR Mikro BRI Maksimal pinjaman sebesar Rp 50.000.000 per orang.  Terdapat 2 jenis pinjaman yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal masa pinjam 3 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimal masa pinjam 5 tahun.  Suku bunga 6% efektif per tahun.  Bebas biaya administrasi dan provisi.  KUR kecil BRI Plafon pinjaman Rp 50.000.000–Rp 500.000.000. Terdapat 2 jenis pinjaman yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal masa pinjam 4 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimal masa pinjam 5 tahun.  Suku bunga 5% efektif per tahun.  Agunan sesuai dengan peraturan bank.  KUR TKI BRI Maksimal pinjaman Rp 25.000.000 atau sesuai ketentuan pemerintah.  Suku bunga 6% efektif per tahun.  

2. Syarat KUR Mikro BRI  Perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak. Usia usaha aktif minimal 6 bulan. Memiliki KTP, KK dan surat izin usaha.  Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif berupa KPR, KKB dan kartu kredit. 

3. Syarat KUR TKI BRI  Perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan Memiliki KTP, KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, Paspor, Visa dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan. 

4. Syarat KUR kecil BRI  Memiliki usaha produktif dan layak. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.  Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan kartu kredit.  Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin lainnya yang dapat dipersamakan. 

5. Cara mengajukan KUR BRI 2023 Pastikan bidang usaha yang akan Anda ajukan untuk mendapat KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek. Siapkan kelengkapan dokumen pengajuan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya. Setelah dokumen lengkap, datangi kantor bank penyalur yang masuk dalam daftar pemerintah. Ikuti prosedur yang diterapkan di bank tersebut. Biasanya, bank akan melakukan survey atau wawancara untuk menganalisis kelayakan peminjam. Tunggu hasil pengumuman dari bank penyalur apakah pengajuan Anda akan cair atau tidak. sumber dari Bisnis.

Hadirlah BRI Sebagai Pahlawan UMKM 

Di Era Pendemi Bank BRI juga sebagai Bank Penyalur BAntuan BPUM ( Bantuan Produktif Usaha Mikro ) yang di tujukan kepada pelaku UMKM yang terkena dampak Pendemi 

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) BRILIAN PRENEUER salah satu upaya BRI untuk menaikkelaskan pelaku UMKM dan mendorong UMKM agar dapat go global menjangkau ke pasar internasional. “Hal ini merupakan komitmen UMKM untuk terus mendorong kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas dari UMKM dan produk UMKM di Indonesia sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat berkompetisi di dalam dan luar negeri. Dengan keunikan, kualitas dan kontinyuitas yang terus terjaga, diharapkan produk UMKM Indonesia dapat memenangkan persaingan global yang semakin ketat dan dapat menopang perekonomian nasional baik di masa krisis maupun pasca pandemi ungkapnya, di kutip dari BRI Guna BRI Untuk Indonesia bergerak dan Bersinergi.

Memberdayakan Masyarakat untuk berkembang dari segala Aspek dan semua kalangan adalah hal yang tidak mudah baik dari segi permodalan, niat usaha dan beberapa faktor lainnya namun kegigihan BRI di Masyarakat tersebar di beberapa pelosok negeri dengan adanya Teras BRI, Bank BRI Terdekat dan Mudahnya Akses Digital BRI, yang sekarang sangat mudah dalam gengagaman Gadget semua Pemilik Akun BRI dapat mengakses dengan Mudah mempercepat pertumbuhan Ekonomi dan penguatan era Digitalisasi 

Seperti yang di gadangkan BRI UMKM Go Global PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) atau BRI Menyuguhkan Pameran UMKM dan berbagai bantuan untuk MAsyarakat dengan jargon Melayani Dengan Setulus Hati di terima Masyarakat dengan baik. Semakin berjaya di usia yang Mapan 128 Tahun BRI Hebat dan Kuat Berkembang Semakin menjadi sahabat bagi Pelaku Usaha dan Masyakrakat Umum. di Tahun 128 semakin menjadi sahabat, Sebagai bukti kesuksesan BRI dalam penanggulangan UMKM dan Bantuan UMKM adalah Dengan adanya Adopsi Tekhnologi dan Digitalisasi BRI, tidak hanya mempermudah perbankan dan pelayanan BRI juga selalu memberikan Kemudahan dalam berbagai Aspek yang di tawarkan. 

Kini banyak pelaku UMKM yang sudah pesat perkembangannya dengan adanya Program Program BRI datang di masyrakat bagi Pelaku UMKM Khususnya dan Bidan Pembiayaan lainnya secara general. bahkan Ada yang lebih menarik ada Program KUR BRI Bagi PMI ( Pekerja Migran Indonesia )/TKI yang masih banyak tidak di ketahui bagi PMI/TKI yang akan berangkat atau bagi PMI Purna di Indonesia. sangat Bermanfaat dan mendorong untuk berkembang dan bergerak kemapanan dengan tujuan baik dan harapan baik bagi Pelaku Pengguna program program baik BRI. Selamat melangkah lebih maju lagi dan berjaya bagi sektor2 lainnya.

Di bawah adalah salah satu contoh pemberdayaan di Masyarakat dan Pendampingan UMKM 

Image @laelinhw


Image by @laelinhw

Komentar

Postingan Populer