Pejuang ASI dan Asupan ASI



Hay Pejuang ASI, Naik turunnya produksi ASI adalah hal yang lumrah sering di alami bagi pejuang Ibu menyusui.

Saat ASI melimpah hati sang ibu tentunya bahagia karena nutrisi anak terpenuhi namun ada moment tertentu yang mempengaruhi produksi ASI menurun, tingkat stress ibu misalnya atau terlalu lelah.

Eits tenang moms jangan panik dan stress yah karena hal demikian wajar dan banyak di alami ibu-ibu lainnya tetap tenang dan selalu memberikan asupan yang baik dan mengonsumsi makanan yang bergizi ya moms.

Menyusui merupakan hal yang menyenangkan dan moment bahagia dengan si kecil karena dapat memberikan ASI Ekslusif adalah keinginan semua orang tua meski banyak di luaran sana orang tua yang belum bisa memberikan ASI ekslusifnya di karenakan suatu hal ataupun di karenakan kendala yang mengharuskan buah hati harus mengonsumsi Sufor, Please don't judge it.

Perjuangan Menyusui tidaklah mudah, karena emosional si ibu dan kontroling stress juga perlu di perhatikan guna mempertahankan kualitas ASI agar tetap baik, banyak produk ASI Booster beredar di pasaran namun banyak juga yang mempertahankan makanan alami dan tradisional karena di nilai lebih hemat budget.

Molly Petersen, konsultan laktasi di Lansinoh mengatakan bahwa setiap tubuh setiap Bunda berbeda dalam merespons suplemen dan makanan. Plus, tidak ada banyak bukti ilmiah yang memperkuat kemanjuran bahan-bahan tertentu karena masih sulitnya penelitian terhadap ibu hamil atau menyusui, seperti dikutip dari laman Wellandgood.

Beberapa Asupan yang baik untuk ibu menyusui yang dapat memberikan ASI kental dan Lancar 

1. Biji Wijen

Biji Wijen di kenal banyak manfaat dan kaya akan kalsium dan nutrisi.

2. Sayuran Hijau

Banyak jenis sayuran hijau yang bisa di konsumsi para ibu untuk meningkatkan produksi ASI nya ada Brokoli, Bayam, daun Katuk, daun Binahong, dan daun hijau lainnya yang busa di konsumsi.

3. Gandum dan Oat

Gandum memiliki serat yang tinggi dan sangat bagus untuk busui, Gandum dan Oat banyak di tenukan di supermarket atau minimarket dalam bentuk biskuit atau roti gandum.

4. Biji-bijian

Biji-bijian juga sangat bagus untuk kebutuhan ibu dalam memproduksi ASI seperti Chia Seed, Flaxseed, biji Rami, wijen dan Lainnya yang mengandung senyawa fitoestrogen. 

5. Kacang-kacangan

Kacang kacangan bisa menjadi alternative konsumsi bagi ibu menyusui di antaranya kacang hijau, Kacang merah, kacang kedelai, dan kacang kacang lainnya yang mengandung protein, kalsium dan zat besi.

6. Konsumsi Air Putih

Untuk Ibu menyusui Air putih snagatlah bagus untuk menghindari dehidrasi, moms setidaknya harus minum 2,8 liter perhari. 

7. Susu

Susu dapat membantu pembentukan dan perkembangan Tulang Bayi karena kaya akan Kalsium.

8. Daging, Ikan dan Telur

Merupakan sumber DHA, Zat Besi dan Protein yang sangat bagus untuk kualitas ASI, dan pertumbuhan Bayi.

9. Buah Buahan

Khususnya Buah yang mengandung Vitamin C, dan banyak mengandung Air banyak membantu metabolisme tubuh dan sumber antioksidan bagi tubuh kita.

Aneka Pilihan Makanan dan Minuman sehat di atas semoga menjadi referensi bagi Ibu menyusui dan seiring berjalannya waktu kita dapat selalu belajar menyusui dengan baik serta memberikan asupan yang baik untuk buah hati kita.

Sehat dan Bergizi tidaklah harus dengan yang mahal karena banyak yang menjadi sumber makanan sehat di sekitar kita dan mudah di dapatkan di warung dekat rumah atau pekarangan rumah bagi yang menanam.

Selamat MengASIhi ya moms, tetap stay cool dan jangan Stress ya moms Enjoy in aja. 






Komentar

Postingan Populer